Senin, 17 Mei 2010

Tiga Warga Ini Berusia 300 Tahun Lebih

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Luar Biasa. Bila dijumlahkan, tiga warga asal daerah Tasikmalanya ini usianya lebih dari 300 tahun.

Kepala Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya Dodi Mulyadi didampingi Kepala Seksi Statistik Sosial Dedi Sugandi, Senin (17/5/2010), mengatakan, ketiga warga mengaku berusia lebih dari 100 tahun berdasarkan pengakuan dari sanak saudaranya.

"Dari hasil data yang baru masuk, terdata tiga warga yang berusia 100 tahun lebih, itu menurut petugas di lapangan berdasarkan keterangan keluarganya," kata Dedi.

Tiga warga tersebut yaitu Hj Komariah (115), warga Awipari, Kecamatan Cibeureum; Karta (114), warga Padamulya, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bungursari; dan Ny Piah (101), warga Cipapagan, Kelurahan Sirnagalih, Kecamatan Indihiang.

Kondisi kesehatan Hj Komariah dalam keadaan terbaring di rumahnya karena menderita sakit, kondisi Ny Piah saat dilakukan pendataan masih mampu berjalan meski menggunakan tongkat.

Sedangkan kondisi Karta dalam keadaan sehat dan mampu berjalan normal, bahkan masih bertani. "Dari pengakuan warga dan cucu-cucunya, Pak Karta masih kuat mencangkul," katanya.

Namun, Dedi masih melakukan keakuratan data usia ketiga warga tersebut karena tidak ada data fisik secara tertulis untuk membuktikannya.

"Perlu adanya pembuktian secara akurat, atau keterangan dari orangnya yang masih mengingat pada zaman dulu. Sementara ditanya soal tahun kelahiran, menjawabnya lupa," katanya.

Karta masih tampak bugar. Saat ditanya tahun kelahiran, Karta tidak mampu mengingatnya, tetapi zaman Belanda dan Jepang ia mampu menerangkannya karena pernah ikut berjuang.

"Lupa lagi tahun berapa saya lahir," katanya, yang mengaku pada usia mudanya pernah menikah sebanyak tujuh kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar