Senin, 07 November 2011

KOPERASI SMPN 48 JAKARTA

KOPERASI SMPN 48 JAKARTA

Pengenalan

Koperasi smpn 48 didirikan dengan maksud membantu para murid-murid dan staf pengajar untuk membantu mereka dalam pelaksanaan belajar mengajar. Koperasi ini merupakan jenis koperasi jual-beli, harga yang dijual dalam koperasi tersebut juga lebih murah dibandingkan dengan harga yang dijual di pasaran dan barang-barang yang digunakan untuk belajar dapat dengan mudah mereka temui dikoperasi tersebut, guna untuk membantu murid dapat melengkapi peralatan mereka dalam belajar di sekolah dan koperasi ini juga mencari keuntungan dalam menjual barang-barangnya namun tidak sebesar seperti keuntungan yang diambil oleh harga pasar di luar agar tidak memberatkan siswa, dan keuntungan yang diambil itu dibagikan kepada para pengurus koperasi. Koperasi ini berjalan diatas bimbingan guru-guru dan kepala sekolah terutama guru bidang studi ekonomi.

Sumber modal koperasi

Sumber modal koperasi SMPN 48 diperoleh dari simpanan pokok dan simpanan wajib yang didapat dari para anggoatanya. Simpanan pokok yang disetorkan oleh para anggotanya pada saat masuk menjadi anggota tidak dapat diambil selama mereka masih menjadi anggota koperasi dan simpanan wajib yang mereka bayarkan dalam jangka waktu tertentu harus tetapmereka bayarkan selama mereka menjadi anggota sesuai dengan nominal yang elah ditetapkan sebelumnya.

Kegiatan

Dalam kesehariannya koperasi ini menyediakan barang – barang yang digunakan dalam belajar untuk dijual kepada murid – muridnya, seperti alat tulis, seragam, dan keperluan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.kopersi ini mempunyai petugas dan pengurus yang mempunyai tugas untuk mengelola usaha, administrasi, dan keuangan dan tugas tersebut dapat dilakukan secara bergantian antar pengurus koperasi.

Tujuan didirikan koperasi

Tujuan koperasi ini dibentuk di kalangan siswa dilaksanakan dalam rangka menunjang pendidikan siswa dan latihan berkoperasi. Dengan demikian, tujuan pembentukannya tidak terlepas dari tujuan pendidikan dan program pemerintah dalam menanamkan kesadaran berkoperasi sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar