Jumat, 26 Februari 2010

Menambahkan Status Twitter Pada Blog

Anda mungkin ingin pengunjung blog tahu update demi update status Anda di Twitter. Kita dapat menampilkan status Twitter ini pada sidebar blog dengan menggunakan widget yang disediakan oleh Widgetbox. Widgetbox merupakan salat satu penyedia platform web widget terkemuka, sebuah aplikasi portabel mini yang dapat ditambahkan ke halaman web.

Cara membuatnya juga mudah: pilih layanan widget yang ingin ditampilkan, buat widget-nya, lalu copy dan paste-kan script ke dalam blog.

Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1.Buka http://www.widgetbox.com
2.Klik widget Twitter pada kotak yang tersedia.

3. Masukkan username Twitter Anda, lalu klik “Make Widget”.

4.Pilih layout, theme dan warna theme yang diinginkan. Setelah selesai klik “Upgrade Now”.

5.Masuk ke halaman depan widgetbox Anda, lalu pilih “Widgets Made”.

6.Klik widget foto yang telah Anda buat tadi. Klik “Get Your Widget” pada kotak “Widget Effectiveness” yang terletak di pojok kiri bawah.

7.Selanjutnya akan muncul badge Flickr Anda. Klik “Get Widget” untuk mendapatkan kode embed-nya.
8.Akan muncul window berisi kode embed widget Flickr Anda, pilih “Flash” lalu copy kode tersebut.

9.Masuk ke halaman dashboard blog Anda. Pilih menu “Appeareance”, lalu klik “Widget”.
10.Tambahkan “Text” widget pada sidebar dengan meng-klik “Add” pada menu tersebut.
11.Paste kode embed yang tadi Anda copy ke dalam kotak yang tersedia. Setelah selesai, klik “Done”.


Kasus Century Susno: Kalau Saya Periksa Boediono Saat Itu Bisa Geger Nanti

Jakarta - Mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji mengakui telah menunda pemeriksaan terhadap Boediono terkait kasus Bailout Century. Kebijakan itu diambil untuk menghindari proses Pilpres dari chaos.

“Iya, penyidikan tidak, karena sidik itu terkait upaya paksa, penyitaan, pemanggilan penyitaan penggeledahan tidak kita lakukan karena pasti akan geger nanti,” kata Susno kepada wartawan di Jakarta, Jumat (26/2/2010).

Menurut Susno, pilihan agar tidak memeriksa Boediono saat itu lebih pada masalah waktu. Susno tidak ingin dianggap sedang melakukan manuver politik jika memaksakan memeriksa Boediono.

“Karena kan sebulan lagi pelantikan dan salah satunya yang akan diperiksa ada di situ jadi timingnya tidak tepat. Ntar Susno dibilang diperalat oleh parpol lain,” jelasnya.

Pernyataan Susno soal ditundanya pemeriksaan terhadap Boediono terkait kasus Century pernah diungkapkannya dalam ‘Testimoni Susno’ yang dulu beredar di kalangan Pansus Century. Namun, Susno menyayangkan perwira tinggi Polri tidak mendukung statemennya itu.

“Waktu umroh saat diminta untuk menanggapi testimoni itu. Pak benar nggak itu testimoni isinya itu, terus saya lihat Pak Ito (Kabareskrim saat ini) menanggapi, ah itu ngaco, nggak benar. Ini saya bilang jaka sembung bawa pedang. Kenapa? Karena yang punya kebijakan itu saya, Susno waktu itu sebagai Kabareskrim,” imbuh mantan Kapolda Jawa Barat ini.

Susno juga mengatakan bahwa, semua penyelidikan dan berkas kasus tersebut sudah ia limpahkan ke Kabareskrim yang baru. “Ya sudah ada di penyidiknya, buat apa saya bawa pulang ke rumah,” terang pria yang terkenal karena istilah Cicak Vs Buaya ini.

Namun, setelah Susno akan kembali melanjutkan proses penyelidikan kasus tersebut, ia keburu dicopot dari Kabareskrim. “Siapa bilang tidak akan(diperiksa). Bulan November kan saya lengser,” tutupnya.

Susno dicopot dari jabatannya pada 24 November 2009 setelah berbagai desakan publik yang menuntutnya mundur. Jabatan Kabareskrim baru kini dipegang oleh mantan Korsahli Kapolri Komjen Pol Ito Sumardi.

ST12, Band Terdahsyat di Dahsyatnya Awards

Jakarta - Program musik 'Dahsyat' kembali menggelar Dahsyatnya Awards. Pada tahun kedua penyelenggaraannya, grup band ST12 terpilih sebagai Grup Band Terdahsyat.

Band dengan hits 'Cari Pacar Lagi' itu mengalahkan band-band lain yang juga tengah naik daun. Misalnya saja, Wali, D'Masiv, Ungu dan Nidji.

Kalah di kategori Grup Band Terdahsyat, Nidji berjaya di kategori lainnya. Giring cs, sukses membawa pulang piala Band Dengan Aksi Panggung Terdahsyat.

Menurut Giring, penghargaan tersebut memang buah dari kerja keras mereka setiap akan mangung di Dahsyat. "Setiap kita mau main pasti kita check sound. Kadang kru belum dateng kita udah duluan," tuturnya.

Selain Grup Band Terdahsyat dan Band Dengan Aksi Panggung Terdahsyat, ada 9 penghargaan lain yang dibagikan oleh Dahsyat. Penilaian dari acara penghargaan ini adalah juri dan polling SMS dari pemirsa televisi.

Dahsyatnya Awards digelar di JITEC, Mangga Dua Square, Jakarta Pusat, Jumat (26/2/2010) mulai pukul 20.00-01.10 WIB dan tayang di RCTI. Sederet musisi yang tengah naik daun naik panggung. Mereka yang tampil di antaranya, Gruvi, The Virgin, Mulan, Geisha, Anang dan Syahrini, serta Kangen Band.

Berikut daftar pemenang Dahsyatnya Awards 2010:

Pendatang Baru Terdahsyat : Viera
Aksi Panggung Terdahsyat : Nidji
Duo/grup Terdahsyat : The Virgin
Bintang Tamu Paling Rajin Terdahsyat : Gruvi, 23 kali
Penyanyi Solo Terdahsyat : Afgan
Lokasi Terdahsyat : SMU 101
Video Klip Terdahsyat : Jangan Menyerah, D'Masiv
Sutradara Video Klip Terdashyat : Tepan Cobain, 'Bukan Cinta Manusia Biasa' (Dewa 19)
Model Video Klip Terdahsyat : Stanley, 'Bukan Cinta Manusia Biasa' (Dewa 19)
Band Terdahsyat : ST12
Lagu Terdahsyat : 'Hampa Hatiku' (Ungu).

Rossi Berkuasa Lagi

Sepang - Valentino Rossi masih terus memperlihatkan performa meyakinkan di tes MotoGP di Sepang. Setelah menjadi yang tercepat di hari pertama, Rossi melakukannya lagi di hari kedua.

Di tes hari kedua yang digelar hari Jumat (26/2/2010) di sirkuit yang sama, Rossi tampil sebagai yang tercepat dengan catatan terbaik 2 menit 0,271 detik untuk satu lap.

Hasil ini mengulangi catatan Rossi kemarin ketika pembalap Yamaha itu juga tampil sebagai yang terbaik. Yang luar biasa, catatan Rossi hari ini masih lebih baik ketimbang hari pertama.

Juga sama seperti kemarin, posisi kedua masih ditempati oleh Casey Stoner. Pembalap Ducati asal Australia itu membukukan waktu terbaik 1 menit 0,512 detik alias tertinggal sekitar 0,2 detik dari Rossi.

Nasib buruk menimpa Marco Simoncelli yang harus dibawa ke Rumah Sakit karena terjatuh di lap kedua. Rekan setimnya di Honda Gresini, Marco Melandri, juga mengalami kecelakaan kecil yang tidak terkait insiden Simoncelli.

Hasil tes hari kedua di Sirkuit Sepang:
1. Valentino Rossi Fiat Yamaha Team 2min 0.271 sec
2. Casey Stoner Ducati Marlboro Team 2min 0.512 sec
3. Nicky Hayden Ducati Marlboro Team 2min 0.703 sec
4. Colin Edwards Monster Yamaha Tech 3 2min 0.988 sec
5. Ben Spies Monster Yamaha Tech 3 2min 1.014 sec
6. Loris Capirossi Rizla Suzuki MotoGP 2min 1.320 sec
7. Andrea Dovizioso Repsol Honda Team 2min 1.439 sec
8. Alvaro Bautista Rizla Suzuki MotoGP 2min 1.732 sec
9. Randy de Puniet LCR Honda MotoGP 2min 1.980 sec
10. Marco Melandri San Carlo Honda Gresini 2min 2.078 sec
11. Mika Kallio Pramac Racing 2min 2.117 sec
12. Hiroshi Aoyama Interwetten Honda MotoGP 2min 2.196 sec
13. Dani Pedrosa Repsol Honda Team 2min 2.366 sec
14. Aleix Espargaro Pramac Racing 2min 2.403 sec
15. Hector Barbera Paginas Amarillas Ducati 2min 2.487 sec
16. Marco Simoncelli San Carlo Honda Gresini 2min 3.689 sec

Polri: Tersangka Terorisme yang Ditahan Polda NAD Jadi 5 Orang

Jakarta - Mabes Polri membenarkan adanya penambahan jumlah tersangka yang diduga terkait terorisme di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Dengan tambahan 2 orang, sekarang jumlah tersangka kasus terorisme yang ditahan Polda NAD menjadi lima orang.

"Penangkapan di Aceh memang ada, jumlah bertambah dari yang kemarin dan Polda NAD masih mendalaminya sekarang," ujar Kadiv Humas Mabes Polri, Komjen Pol Edward Aritonang, kepada wartawan di Kampus Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jl Tirtayasa, Jakarta Selatan, Jumat (26/2/2010).

Edward menyatakan, saat ini ada 5 orang yang ditahan di Polda NAD. Dan mereka, lanjut Edward, memang diindikasi terlibat dalam kegiatan yang membahayakan keamanan negara.

"Betul mereka diindikasi melakukan kegiatan yang nanti kalau dibiarkan berkembang akan membahayakan keamanan negara dan keamanan masyarakat," tuturnya.

Terkait penambahan jumlah tersangka tersebut, Edward mengatakan, Mabes juga tengah mendalami keterkaitan para tersangka dengan jaringan terorisme yang ada.

"Kita juga masih mendalami keterkaitan mereka ke mana. Jadi kami belum bisa menyampaikan secara jelas keterkaitan dengan kelompok mana, yang pasti indikasi yang kita dapatkan perlu kita kroscek dulu," jelasnya.

Widi Agustian - Okezone

Ilustrasi (Foto: Corbis)

JAKARTA - Krisis ekonomi global yang terjadi sekarang ini nampaknya merupakan sebuah proses dalam mencari 'keseimbangan baru' di dunia. Dan sebagai sebuah proses pasti ada yang unggul (winners) dan ada juga yang malah meredup (loosers).

Menurut ekonom dari UBS Investment Research, Andrew Cates dalam laporan terbaru 'Tectonic Economics', negara-negara yang ekonominya melaju dengan cepat, akan menjadi winners akan membantu untuk terwujudnya keseimbangan baru tersebut.

"Negara-negara yang tengah maju dengan pesat dan memiliki perekonomian yang besar seperti China, Brazil atau Indonesia mempunyai potensi struktural untuk membantu menyeimbangkan perekonomian global. Begitu juga dengan Jepang," kata Andrew dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (26/2/2010).

Dalam laporannya tersebut, ia membuat indeks yang mengidentifikasi negara-negara 'Pemenang' (winners) dan negara-negara yang 'Kalah' (losers) dari keseimbangan baru tersebut. Ini bukan hanya menggambarkan re-distribusi pertumbuhan dalam ekonomi dunia, tetapi juga di mana ekuitas dan nilai tukar yang nyata berada.

"Yang termasuk dalam kategori negara-negara Pemenang adalah China, India, dan Indonesia yang merupakan negara dengan ekonomi terbesar di Asia, bersama dengan Filipina dan Malaysia. Dari Amerika Latin, Brazil, Meksiko dan Argentina juga berkerja dengan baik," imbuh dia.

Sementara itu yang masuk dalam kategori 'kalah' adalah negara-negara di Eropa Timur dan Barat dengan Jerman sebagai pengecualian.

Dia juga menyimpulkan bahwa nilai tukar yang tidak konsisten bukan penyebab utama dari ketidakseimbangan ekonomi dunia. Akan tetapi, pertumbuhan produktivitas diferensial, demografi, insentif tabungan dan investasi serta ketidakpastian merupakan sumber permasalahannya.

Akan tetapi keseimbangan, jika hal ini terjadi, akan menuntut biaya. Merosotnya permintaan di Amerika Serikat dan sebagian besar negara-negara di Eropa( Barat dan Timur), tidak dapat dihindari akan menyebar tempat lain. Keseimbangan, dengan segala kemungkinan, akan didampingi dengan pertumbuhan ekonomi global moderat di sepuluh tahun kedepan. (wdi)

Kamis, 25 Februari 2010

Hidup sehat

Ada beberapa tips dibawah ini, mengenai cara menghargai hidup dengan menjalani hidup secara sehat dan teratur, yaitu:

1. Minum air putih secara cukup
Kenapa terjadi? tubuh manusia tidak akan memberi sinyal berupa rasa haus sampai tubuh benar-benar kekurangan air atau mengalami dehidrasi.
Mengapa air putih? karena dua per tiga tubuh kita terdiri dari air, maka air merupakan unsur terpenting bagi tubuh. Setiap hari kita kehilangan 1,5 liter air lewat kulit, paru-paru dan ginjal (berupa air kencing). Untuk itu kehilangan itu harus digantikan dengan jumlah yang cukup, sehingga tubuh akan terhindar dari kelelahan, sakit kepala, kulit kusam dan bad mood.

2. Sarapan pagi setiap hari
Kenapa terjadi? Alasan yang sering didengar adalah karena tidak cukup waktu untuk sarapan.
Mengapa sarapan? Kalau sarapan terlewatkan maka akan mempengaruhi produktivitas kerja. Untuk itu 'dengarkan' tubuh anda dengan melakukan sarapan sehat secara rutin setiap hari. Sarapan sehat adalah makanan ringan yang cukup gizi seperti segelas susu atau jus buah atau sarapan siap saji yang kaya gizi dan rendah lemak.

3. Makan siang yang bergizi
Kenapa terjadi? Karena biasanya kelebihan karbohidrat sering terjadi saat makan siang, atau kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein sebagau sumber energi.
Mengapa harus bergizi? Biasanya ngemil makanan tinggi kalori akan jadi pilihan utama apabila rasa lapar menyerang, seperti cokelat, keripik atau biskuit, yang banyak mengandung lemak, gula dan garam.
Untuk itu memilih makan siang yang bergizi adalah cara yang bijaksana untuk mengatasi rasa lapar. Cara yang bijaksana menurut Dr. Wendy Doyle, ahli diet, dengan cara menambah lauknya, makan sepotong buah atau segelas yoghurt.

4. Siasati makan malam
Kenapa terjadi? Biasanya setelah lelah seharian kerja, maka akan malas kalau harus mempersiapkan makan malam.
Mengapa disiasati? Karena biasanya bila tidak mempersiapkan makan malam maka fast food atau take-away food, yang pasti mengandung tinggi lemak dan garam. Cara mengatasinya??, makan sesuatu sebelum pulang kantor dan mengisi kulkas dengan bahan makanan yang lebih tahan lama simpan untuk keadaan darurat. Kalau terpaksa membeli makanan, lebih baik hindari makanan yang digoreng dan pikirkan makanan tersebut mengandung gizi, yang paling tidak, cukup.

Hidup sehat tanpa rokok

Bahaya Rokok Sebagai Sumber Penyakit Dan Hiduplah Sehat Tanpa Rokok
Sat, 02/02/2008 - 10:11am — aldo febriansyah

Rokok? adalah salah satu alat untuk mempercepat kita menuju liang lahat. Rokok terdiri dari Nikotin, CO, dan tar.

Nikotin sangat berpengaruh pada otak agar seseorang ketagihan. Gas CO merupakan gas yang berbahaya pada alat pernapasan (Respirasi) kita.

Tar dapat menyumbat saluran darah ke otak yang menyebabkan otak kita kekeurangan darah dan yang pasti kekurangan O2 (oksigen).

Rokok juga dapat menyebabkan Kanker, struk, gangguan kehamilan, atau penyakit lainnya. Jadi... mulai dari sekarang berhenti merokok ya.. supaya bisa hidup sehat dan bugar.

Ratusan Ribu Lampu Disegel

Ratusan ribu Lampu Hemat Energi (LHE) disita dari gudang di Jl. Phinisi Raya No. 38, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (16/2). Lampu bermerek SZ MR dan Pancaran ini tidak memenuhi standar nasional Indonesia (SNI).

ARRAY DAN RECORD

Array adalah satu variable berdimensi layaknya matriks, satu variable array dapat digunakan untuk menyimpan banyak nilai atau value, atau bisa disebut kelompok elemen yang memiliki tipe dan nama variable yang sama. Wah bikin pusing nih deskripsi seperti ini. Kita lihat melalui contoh saja:
variable1 = 1, variable2 = 2, variable3 = 3, dst. Daripada memiliki banyak nama variable, lebih baik semua variable tersebut dikelompokkan dalam Array dengan nama variable( i ), itu yang disebut array.

Seperti umumnya pemrograman kita harus mendeklarasikan variable array sebelum bisa digunakan dalam kode program, agar VBA mengetahui ukuran dari array tersebut. Cara deklarasinya menggunakan perintah Dim atau Public.
Dim myArray(1 to 100) as Integer


Dalam mendeklarasikan array, perlu ditentukan index awal (1 dalam contoh diatas) dan index akhir (100 dalam contoh diatas) sebagai ukuran dari array, atau kita cukup menentukan index akhirnya saja.
Dim myArray(100) as Integer

Kedua kode dibawah ini akan memberikan ukuran array yang sama,
Dim myArray(0 to 100) as Integer
Dim myArray(1 to 100) as Integer
Bedanya dengan menentukan 0 sebagai index awal, maka elemen array dimulai dari 0, myArray(0), dan elemen awal dari array di baris kedua menjadi myArray(1), tapi tetap sama-sama memiliki 100 elemen.

Secara default, index awal array dimulai dari angka 0, untuk mengubah nilai ini, gunakan perintah dibawah ini untuk mengubah nilai index awal default, kode ini harus diletakkan dibaris paling atas sebelum kode Procedure.
Option Base 1

Contoh-contoh array diatas hanya satu dimensi, array dalam VBA maksimal bisa terdiri atas 60 dimensi, tapi biasanya sangat jarang kita menggunakan array lebih dari 3 dimensi. Berikut contoh array dalam 2 dimensi.
Dim myArray(1 to 10, 1 to 100) as Integer

Untuk menggunakan array diatas, bisa digunakan perintah seperti ini
myArray(1,1) = 20
myArray(2,99) = 35

Atau gunakan perintah looping untuk menentukan nilai dari array ini
For i = 1 to 10 step 1
For j = 1 to 100 step 1
myArray(i, j) = i + j
Next j
Next i
Beberapa algoritma labeling untuk citra biner nxn yang diklaim optimal
dalam literatur pada umumnya hanya optimal ditinjau dari aspek algoritmanya saja
namun tidak optimal ditinjau dari dari aspek arsitektural. Disamping itu,
kompleksitas-kompleksitas yang dihasilkan tersebut tidak murni karena masih
mengandung konstanta yang tergantung harga n. Pada paper ini diperkenalkan
suatu algoritma labeling dengan performansi optimal Processor-Time murni. Ini
berarti optimal tidak hanya dicapai dari sisi algoritma namun juga dari sisi
arsitektur dan murni karena kompleksitas yang didapat tidak mengandung
konstanta yang tergantung harga n. Kompleksitas algoritma yang didapat tersebut
adalah O(cn) dengan menggunakan O(n) prosesor. Pada paper ini diberikan
pembuktian terhadap kompleksitas yang didapatkan dan perbandingan performansi-
nya dengan beberapa algoritma yang ada.
Labeling adalah suatu proses pem-
berian label yang sama pada sekumpulan
pixel pembentuk objek yang saling
berdekatan pada suatu citra. Objek yang
berbeda memiliki label yang berbeda
pula. Labeling termasuk pemrosesan citra
tahap intermediate level. Labeling me-
miliki peran yang sangat penting pada
pengolahan citra untuk mempermudah
proses penganalisaan bentuk dan penge-
nalan pola pada tahap high level.
Banyak algoritma labeling yang
diusulkan dalam literatur. Literatur [8]
mengupas state-of-the-art labeling ditin-
jau dari sisi algoritma dan arsitekturnya
dan mulai dari solusi sekuensial sampai
dengan paralel. Beberapa diantara
algoritma-algoritma tersebut berhasil
mencapai performansi optimal. Komplek-
sitas suatu algoritma dikatakan optimal
bila selain dari kompleksitas tersebut
tidak mungkin lagi didapatkan komplek-
sitas yang lebih kecil.
Sayangnya kebanyakkan komplek-
sitas-kompleksitas optimal yang dihasil-
kan tersebut hanya ditinjau dari sisi
algoritmanya saja dan tidak memper-
hitungkan optimal ditinjau dari sisi
arsitekturnya. Misalnya pada [10], diper-
oleh kompleksitas konstan labeling O(1)
namun dengan menggunakan n3 prosesor.
Pada paper ini diperkenalkan suatu
algoritma labeling yang memiliki perfor-
mansi optimal Processor-Time murni
artinya optimal baik dari sisi algoritma
maupun dari sisi arsitekturnya. Murni
artinya konstanta kompleksitas algoritma
tersebut tidak tergantung lagi harga n.
Performansi ini sangat penting untuk
dicapai mengingat biaya realisasi suatu
arsitektur paralel adalah sangat tinggi.
Dengan performansi optimal Processor-
Time ini dimungkinkan tercapainya kon-
disi yang berimbang antara kecepatan
dan harga.
2. BEBERAPA DEFINISI PENTING
Sebelum membahas algoritma, ber-
ikut ini diberikan beberapa definisi.
2.1 Performansi Optimal Processor-
Time
Secara umum, performansi optimal
Processor-Time untuk suatu permasa-
lahan citra adalah suatu kondisi dimana
perkalian antara jumlah processor yang
digunakan dan kompleksitas algoritma
yang didapat pada solusi paralel sama
dengan perkalian antara jumlah pro-
cessor yang digunakan dan kompleksitas
algoritma optimal yang didapat pada
solusi sekuensial (persamaan 1) [2][9].
OPT(masalah citra) Pp x Tp = Ps x Ts (1)
Dimana:
Pp : jumlah prosesor pada struktur para-
lel.
Tp : kompleksitas algoritma paralel.
Ps : jumlah prosesor pada struktur se-
kuensial.
Ts : kompleksitas algoritma sekuensial.
Bila kita asumsikan bahwa solusi
sekuensial menggunakan O(1) prosesor
maka persamaan 1 dapat disederhana-
kan:
OPT(masalah citra) Pp x Tp = Ts (2)
Kompleksitas algoritma labeling
sekuensial optimal telah berhasil men-
capai O(n2) [8]. Dengan hasil ini maka
persamaan 2 dapat ditulis:
ALGORITMA LABELING BINER DENGAN PERFORMANSI OPTIMAL PROCESSOR-TIME (Eril Mozef)
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri ¬ Universitas Kristen Petra
http://puslit.petra.ac.id/journals/informatics/
69
OPT (labeling) Pp x Tp = O(n2) (3)
Catatan: Menurut Alnuweiri [8], kom-
pleksitas O(n2) untuk labeling sekuensial
ini didapat dengan menggunakan algo-
ritma Union-Find dari Tarjan [12] (lihat
bab algoritma sekuensial berbasis RAM).
2.2 Scanning dan Merging
Scanning adalah suatu proses pene-
lusuran pixel-pixel untuk menganalisa
suatu konfigurasi pixel dan label.
Scanning sisi adalah proses penelusuran
2 buah sisi yang bersentuhan untuk
mencari adanya 2 label yang berbeda.
Dalam hal terdapat 2 objek dengan
label yang berbeda saling berdekatan
dengan jarak 1 pixel maka dapat
dilakukan proses merging. Mula-mula 2
pixel yang berdekatan dari kedua objek
tersebut dibandingkan untuk mencari
label yang terkecil (bisa juga yang
terbesar bila diinginkan) dari kedua label
tersebut. Kemudian label yang terkecil ini
dipergunakan untuk menggantikan nilai
dari seluruh label yang terbesar.
2.3 Citra dan Sub-citra
n pixel
m pixel
m pixel
n pixel m = n
Sub-citra
Gambar 1. Ukuran citra dan sub-citranya
Citra biner adalah citra yang memi-
liki hanya 2 informasi yaitu:
Pixel 1 didefinisikan sebagai pixel objek.
Pixel 0 didefinisikan sebagai pixel back-
ground (non-objek).
Ukuran citra adalah nxn pixel yang
terbagi dalam n sub-citra (Gambar 1).
Ukuran sub-citra adalah mxm, dimana
m=n.
Urutan indeks sub-citra sama dengan
urutan indeks posisi pixel dan label yang
dibahas berikut ini.
2.4 Indeks Posisi Pixel dan Label
Pixel-pixel diberi indeks sesuai
dengan posisi globalnya pada citra (bukan
sub-citra). Urutan indeks disesuaikan
secara urutan raster-scan yaitu dari kiri
ke kanan dan dari atas ke bawah
(Gambar 2).
1 2 3 4
5 6 7 8
9 10 11 12
13 14 15 16
Gambar 2. Contoh indeks posisi pixel-
pixel pada citra berukuran 4x4 pixel
Indeks posisi dimulai dari 1 dan
diakhiri dengan 2n atau 1 indeks posisi
2n. Sedangkan Indeks label dimulai dari
0 dan diakhiri dengan 2n atau 0 indeks
label 2n. Indeks label antara 1 indeks
label 2n digunakan untuk menandai
pixel objek. Sedangkan indeks label 0
untuk pixel back-ground.
2.5 Connexity
Operator lokal pixel untuk proses
scanning citra yang telah dijelaskan
dapat menggunakan operator lokal pixel
4-connexity atau 8-connexity (Gambar 3).
Bila menggunakan prinsip 4-connexity
maka 2 pixel yang bersinggungan secar
diagonal dianggap 2 objek, sedangkan
pada 8-connexity dianggap 1 objek

Jumat, 19 Februari 2010

Firman Menangkan Persija

Jakarta - Gelora Bung Karno, Jumat (19/2/2010) sore WIB, memanggungkan duel Persija Jakarta kontra Sriwijaya FC. 'Macan Kemayoran' keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 lewat gol Firman Utina.

Persija membuka peluang lebih dulu lewat kaki Firman Utina pada menit ke-5. Sayang, tendangan first timenya masih melebar.

Tuan rumah kembali mengancam gawang SFC yang dijaga Hendro Kartiko pada menit ke-13. Kali ini lewat Bambang Pamungkas yang menerima bola di depan kotak penalti. Sambil memutarkan badan, Bepe melepaskan sepakan kaki kiri yang masih melenceng tipis.

Persija yang menekan SFC sepanjang babak pertama akhirnya mampu unggul di menit ke-33. Diawali crossing Aliyudin dari sisi kiri dan bola menuju kotak penalti berhasil dibuang bek SFC. Namun, bola yang belum jatuh ke tanah langsung dihajar Firman dengan tendangan voli yang menghujam pojok kiri atas gawang Hendro.

Sembilan menit berselang, Aliyudin yang lolos dari perangkap offiside gagal memanfaatkanya jadi gol setelah Hendro dengan cepat menyapu bola tersebut. Skor 1-0 membawa kedua tim masuk ke ruang ganti.

Sepuluh menit setelah restart, umpan daerah Firman menuju ke Bambang yang berlari diagonal ke arah kotak penalti dan melepaskan tembakan yang masih dapat digagalkan oleh Hendro.

SFC yang lebih banyak ditekan mencuri peluang di menit ke-58. Diawali free kick Zah Rahan yang disambut sundulan Precious Emuejeraye namun bola masih dapat ditepis oleh M Yasir. Obiora yang meneruskan bola rebound gagal memaksimalkan jadi gol setelah sundulannya melayang di atas mistar.

Permainan kedua tim di babak kedua lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah. Dan Persija yang bermain bertahan membuat Sriwijaya kesulitan membuat peluang.

Maka anak-anak Palembang pun lebih banyak melepaskan tendangan dari luar kotak penalti di mana salah satunya pada menit ke-81 lewat M Nasuha yang masih dapat ditepis oleh Yasir. Hingga 90 menit laga usai, kedudukan tak berubah untuk kemenangan Persija.

Raihan tiga poin ini membawa Persija naik dua peringkat ke posisi kelima dengan 32 poin dari 20 laga berlalu. Sementara 'Laskar Wong Kito' bergeming di posisi ke-4 dengan 34 angka dari 21 laga yang dimainkannya.

Susunan pemain

Persija: M Yasir, Leo Soputan (Erik Setiawan 60'), Abanda Herman, Leo Tupamahu, Ismed Sofyan, Baihakki Kaizan, Mustafic Fachrudin (Ruly Soputan 80'), Musafry (M Ilham 45'), Firman Utina, Aliyudin, Bambang Pamungkas.

Sriwijaya FC: Hendro Kartiko, Ambrizal (Christian Worobay 65'), Precious Emuejeraye, M Nasuha , Toni Sucipto, Ponaryo Astaman, Arif Suyono (Rahmat Rivai 54'), Zah Rahan, Keith Kayamba, Richard Obiora (Alamsyah 78')

( mrp / nar )

'Penentu Juve: Del Piero'

Turin - Sempat tak diperhitungkan di awal musim karena sibuk dengan cederanya, Alessandro Del Piero kini mengunci posisi inti di Juventus. Tak hanya itu saja, bahkan Diego menyebut kaptennya tersebut sebagai sosok penentu dari performa Bianconeri.

Del Piero yang sempat menepi selama sebulan di sekitar bulan Oktober memang tidak banyak dibicarakan karena orang lebih banyak mengomentari Diego, playmaker baru Juve yang memiliki tipe permainan mirip dengan dia.

Lambat laun setelah memulihkan cederanya satu persatu, termasuk pada hamstring dan punggung, Del Piero mulai menemukan permainan terbaiknya lagi.Di usianya yang sudah menginjak 35 tahun pemain asal Italia ini mengunci posisi inti selama beberapa bulan terakhir, meski juga disebabkan banyaknya bomber Juve yang cedera.

Menurut Diego, seniornya tersebut memegang peran penting dalam dua kemenangan terakhir yakni atas Genoa di Seri dan dari Ajax Amsterdam di Europa League. Itu merupakan kemenangan pertama setelah enam laga beruntun di ajang liga tak pernah bisa mendulang tiga angka.

"Dia cukup hebat di dua laga terakhir dan itu sangat penting bagi kami. Ketika dia bermain, keadaanya menjadi lebih baik bagi setiap orang," ujar Diego di Football Italia.

Del Piero sejauh ini telah tampil sebanyak 11 kali di ajang liga dan membukukan empat gol. Pemain yang biasa bermain sebagai second striker ini bermain lebih ke depan dari biasanya untuk menghindari tabrakan peran dengan Diego. ( fjp / fjp )

Beckham Dukung Ferdinand

Milan - Rio Ferdinand memang belum resmi jadi kapten Inggris. Namun dukungan agar bek MU itu menjadi skipper terus mengalir. Setelah Frank Lampard, giliran David Beckham yang mendukung Rio.

Ferdinand menjadi kandidat kuat pengganti John Terry yang jabatannya dicopot karena terlibat skandal perselingkuhan.

Pelatih Fabio Capello memang belum mengumumkan tentang siapa kapten permanen Inggris. Namun dukungan untuk Ferdinand terus mengalir.

Setelah Lampard, kini giliran Beckham yang men-support bek Manchester United itu untuk mengenakan armband The Three Lions.

"Rio merupakan kapten yang luar biasa. Dia sudah membuktikan ketika di waktu lalu menjadi kapten Manchester United," ujar pemain yang menjadi kapten timnas tahun 2000 hingga 2006 itu, seperti dikutip dari situs resmi FIFA.

Becks sendiri merupakan salah satu nama yang juga digadang-gadang menjadi komandan Tiga Singa di lapangan hijau. Selain itu ada Steven Gerrard, Frank Lampard, dan Wayne Rooney.

Pengantar struktur data


Struktur data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data di dalam komputer agar bisa dipakai secara efisien Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia nyata.

Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol


Secara garis besar type data dapat dikategorikan menjadi :


1. Type data sederhana

a. Type data sederhana tunggal, misalnya

Integer, real, boolean dan karakter

b. Type data sederhana majemuk, misalnya

String


2. Struktur Data, meliputi

a. Struktur data sederhana, misalnya array dan record

b. Struktur data majemuk, yang terdiri dari

Linier : Stack, Queue, serta List dan Multilist

Non Linier : Pohon Biner dan Graph


Pemakaian struktur data yang tepat di dalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.


Struktur data yang ″standar″ yang biasanya digunakan dibidang informatika adalah :

�� List linier (Linked List) dan variasinya Multilist

�� Stack (Tumpukan)

�� Queue (Antrian)

�� Tree ( Pohon )

�� Graph ( Graf )



RECORD (REKAMAN)


Disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyimpan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Nama rekaman ditentukan oleh pemrogram.


Rekaman disebut juga tipe terstruktur.

Contoh :


1. type Titik : record

jika P dideklarasikan sebagai Titik maka

mengacu field pada P adalah P.x dan P.y.


2. Didefinisikan tipe terstruktur yang mewakili Jam yang terdiri

atas jam (hh), menit (mm) dan detik (ss), maka cara menulis

type Jam adalah :

type JAM : record

mm : integer, {0…59}

ss : integer {0…59}>

Jika J adalah peubah (variabel) bertipe Jam

maka cara mengacu tiap field adalah J.hh, J.mm dan J.ss










Terjemahan dalam bahasa C :

1. type Titik : record

diterjemahkan menjadi :

typedef struct { float x;

float y;

} Titik;

2. type JAM : record

mm : integer, {0…59}

ss : integer {0…59}

>

Diterjemahkan menjadi :

typedef struct

{ int hh; /*0…23*/

int mm; /*0…59*/

int ss; /*0…59*/

} Jam;




IMPLEMENTASI STRUKTUR DATA DALAM LINGKUP ARRAY, LINKED-LIST, DAN ANTRIAN


Pada pemrograman prosedural, setiap data mempunyai jenis. Jenis data menentukan bagaimana mengartikan nilai dari suatu data serta operasi apa yang dapat dilakukan terhadap data tersebut. Secara umum jenis data dapat digolongkan menjadi 4 golongan, yaitu :
1. jenis dasar, adalah jenis data yang dianggap sudah terdefinisi misalnya integer, real, boolean, character; suatu data yang memiliki jenis ini setiap saat hanya dapat memiliki satu nilai.
2. jenis bentukan, adalah jenis data yang merupakan komposisi dari jenis dasar; suatu data yang memiliki jenis ini setiap saat hanya dapat memiliki satu nilai yang sesuai dengan susunan dari jenis dasar yang didefinisikannya.
3. tabel, adalah jenis data yang terdiri atas sekumpulan unsur berjenis sama yang tersusun secara kontinu dan setiap unsur dapat diperoleh melalui indeks tabel; suatu data yang memiliki jenis ini setiap saat dapatmemiliki banyak nilai sesuai dengan ukuran tabel.
4. pointer, adalah jenis data yang menyimpan alamat komputer dari suatu data.
Data yang ada di dunia nyata seringkali amat kompleks, sehingga membutuhkan suatu abstraksi dari representasi data tersebut, agar memudahkan dalam merancang struktur datanya. Dikenal 3 tingkatan abstraksi yaitu:
1. definisi fungsional,
2. representasi lojik,
3. representasi fisik
Pada definisi fungsional, dilakukan pendefinisian suatu struktur data dan operator-perator yang berlaku pada struktur tersebut. Untuk melakukannya tidak digunakan notasi khusus melainkan mendefinisikan dengan kata-kata.
Representasi lojik adalah rincian jenis dari struktur data, menyangkut nama jenis dan jenis-jenis operator. Untuk membuat representasi lojik digunakan notasi algoritmik. Representasi ini tak bergantung pada memory komputer.
Pada representasi lojik belum digunakan jenis data yang sudah dikenal di atas. Relasi antara definisi fungsional dan representasi lojik adalah satu-ke-satu, artinya setiap definisi fungsional hanya mempunyai satu representasi lojik. Representasi fisik adalah spesifikasi
dari struktur data sesuai dengan implementasinya pada memory komputer. Digunakan notasi algoritmik dan type-type dasar yang sudah dikenal. Pada dasarnya hanya ada dua macam representasi fisik yaitu: kontigu dan berkait. Untuk satu representasi lojik bisa dikembangkan menjadi banyak kemungkinan representasi fisik.
Dewasa ini sudah banyak berkembang bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi yang pemakaiannya sudah sangat mudah (tinggal klik dan drag saja). Program adalah kumpulan intruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan, pada dasarnya semua bahasa-bahasa pemrograman mempunyai kode-kode program yang harus ditulis agar terbentuk sebuah obyek yang dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan program, khususnya aspek-aspek yang menyangkut aturan-aturan penulisan program. Sehingga dalam sebuah program terdapat alur-alur logika yang menyebabkan program dapat bekerja dengan benar, dan sebagian besar harus menggunakan pengelolahan data yang tersetruktur seperti array, linked list, antrian, dan lain-lain. Hal ini penting untuk dipelajari karena untukk satu bahasa program berbeda dengan bahasa program lain.
Dengan memahami aturan-aturan tersebut diharapkan program tersebut akan bisa dijalankan dengan baik dan memberikan hasil seperti yang diharapkan.
Untuk membantu aliran nalar dan data dari sebuah program, sering kali kita menggunakan alat bantu yang berupa grafik atau simbol-simbol yang menggambarkan kegiatan-kegiatan yang ada pada sebuah program yang disebut dengan bagan alir (flow chart). Dalam pembahasaan ini kami akan menyajikan struktur data dalam lingkup array, linked list, dan queue (antrian).

A. Array
Array atau larik adalah tipe struktur yang mempunyai komponen dalam jumlah yang tetap dan setiap komponen mempunyai data yang sama. Posisi masing-masing komponen dalam array dinyatakan sebagai nomor index.
Dalam sumber lain, Array adalah suatu tipe data terstruktur yang terdapat pada memori yang terdiri dari sejumlah elemen (tepat) yang mempunyai tipe data yang sama dan merupakan gabungan dari beberapa variabel sejenis serta memiliki jumlah komponen yang jumlahnya tetap. Elemen-elemen dari array tersusun seacara sequential dalam memori computer.

1. Array suatu dimensi
Array suatu dimensi tidak lain adalah kumpulan elemen-elemen yang identik, yang tersusun dalam satu baris. Elemen-elemen tersebuit memiliki type data yang sama, tetapi isi dari elemen tersebut boleh berbeda-beda.
Pendeklarasian array diawali denga kata baku type dan diikuti dengan nama array dan tanda samaq dengan (=), lalu kata baku array beserta range indeks dan diakhiri dengan kata baku of beserta type datanya.

Bentuk umum dari deklarasi tipe array adalah :
type pengenal = array [tipe_index] of tipe;
dengan pengenal : nama tipe data
tipe_index : tipe data untuk nomor index
tipe : tipe data komponen
Parameter tipe_index menentukan banyaknya komponen array tersebut. Parameter ini boleh berupa sembarang tipe ordinal kecuali logint dan sub jangkauan dari logint. Berikut contoh dari deklarasi :
type vek = array [1…..100] of integer;
menunjukkan bahwa vek adalah tipe data yang berupa array yang komponennya bertipe integer dan banyaknya 100 buah.
Deklarasi yang demikian ini disebut deklarasi array dimensi satu, yang kami sebut vektor.

2. Array dua dimensi
Array dua dimensi, yang sering digambarkan pada sebuah matrix adalah merupakan sebuah perluasan dari sebuah array satu dimensi. Jika pada array satu dimensi hanya terdiri dari sebuah baris dengan beberapa kolom elemen maka pada array dua dimensi terdiri dari beberapa baris dan beberapa kolom elemen yang bertype sama. Jika tipe komponen juga berupa larik lain, akan kita peroleh array demensi banyak. Sebagai contoh :
type Pkl = array [1…..100] of array [1…….5] of real;
menunjukkan bahwa Pkl adalah vektor yang terdiri dari 100 komponen, dengan tipe komponennya adalah sebuah vektor lain yang mempunyai 5 komponen bertipe real. Bentuk ini sering disebut dengan deklarasi array dimensi dua yang kami sebut sebagai tabel atau matrix.

3. Array tiga dimensi
Array tiga dimensi dapat digambarkan sebagai suatu benda ruang. Deklarasi pada array tiga dimensi tidak berbeda pada array satu dimensi dan dua dimensi yang telah dijelaskan sebelumnya, kecuali pada indeks array.

type Pkl = array [1…..100,1……5] of real;
contoh lain misalnya :
type Katro = array [boolean,1…..100,1……5] of char;
deklarasi diatas disebut sebagai deklarasi array dimensi tiga.
4. Array banyak dimensi
Sebenarnya array banyak dimensi tidak terlalu sering dipakai seperti halnya array satu dimensi, dua dimensi, dan tiga dimensi. Namun hal itu bukan berarti pascal tidak membolehkan anda memakainya. Array banyak dimensi ini pada dasarnya sama dengan array sebelumnya kecuali pada jumlah dimensinya saja.

B. Linked List
Linked list atau senatai berantai adalah kunpulan liniar sejumlah data , atau kumpulan komponen yang disusun secara berurutan pointer. Masing-masing komponen dinamakan dengan simpul (node). Simpul dalam suatu Linked list terbagi menjadi dua bagian yaitu medan informasi yang berisi informasi yang akan disimpan dan diolah, dan medan penyambung (Link field) yang berisi simpul berikutnya. Ada sejumlah operasi yang bisa kita lakukan pada sebuah Linked list yaitu membaca isi link, menambah simpul, menghapus simpul dan mencari informasi pada Linked list .
1. Menambah simpul
Operasi menambah simpul bisa dipecah berdasarkan posisi simpul dabu yang akan di sisipkan, yaitu simpul baru selalu diletakkan sebagai simpul pertama, dan simpul baru menyisip diantara kedua simpul yang sudah ada. Berikut contohnya :
type Simpul = ^Data ;
Data = record
Info : char ;
Berikut : Simpul ;
end ;
var Element : char ;
Awal, Akhir, Baru : Simpul ;

2. Menambah di Belakang
Operasi penambahan simpul pada Linked list adalah penambahan suatu Linked list. Simpul-simpul abru yang ditambahkan selalu menjadi sipmpul terakhir.
Prosedur yang bisa dipanggil dengan memanggil prosedur :
TAMBAH_BELAKANG (Awal, Akhir, Elemen);

Program selengkapnya adalah :
procedure TAMBAH_BELAKANG (var Awal, Akhir : Simpul ;
Elemen : char ) ;
var Baru : Simpul ;
begin
new (Baru) ; Baru^.Info :=Elemen;
if Awal = nil then
Awal := Baru
else
Akhir^.Berikut := Baru;
Akhir := Baru;
Akhir^.Berikut := nil
end ;

3. Menambah didepan
Operasi penambahan simpul baru akan selalu diletakkan diawal link. Prosedur untuk menambah simpul bisa dipanggil dengan menggunakan :
TAMBAH_DEPAN (Awal, Akhir, Elemen);

Program selengkapnya adalah :
procedure TAMBAH_DEPAN (var Awal, Akhir : Simpul ;
Elemen : char ) ;
var Baru : Simpul ;
begin
new (Baru) ; Baru^.Info :=Elemen;
if Awal = nil then
Akhir := Baru
else
Baru^.Berikut := Awal;
Awal := Baru;
end ;

4. menambah ditengah
Untuk menembah ditengan linked list memerlukan memerlukan bantuan pointer misalnya bantu, perhatikan contoh program berikut ;
procedure TAMBAH_TENGAH(var Awal, Akhir : Simpul ;
Elemen : char ) ;
var Baru, Bantu : Simpul ;
begin
new (Baru) ; Baru^.Info :=Elemen;
if Awal = nil then
begin
Awal := Baru;
Akhir := Baru;
end;
else
begin
Bantu := Awal;
while Elemen > Baru^.Berikut^.Info do
Bantu := Bantu^.Berikut;

Baru^.Berikut := Bantu^.Berikut;
Bantu^.Berikut := Baru;
end;
end ;

5. Menghapus Simpul
Operaasi kedua yang akan dijelaskan adalah operasi menghapus simpul. Dalam menghapus simpul ada suatu hal yang perlu diperhatikan, yaitu bahwa simpul yang bias dihapus adalah simpul yang berada sesudah simpul yang ditunjukan oleh suatu pointer, kecuali untuk simpul pertama. Dengan demikian kita tidak bias menghapus simpul yang ditunjuk oleh suatu pointer atau simpul sebelumnya.

6. Menghapus simpul pertama
Untuk menghapus simpul pertama, maka pointer bantu kita dibuat sama dengan pointer awal. Kemudian pointer awal kita pindah kesimpul yang ditunjuk oleh pointer pada simpul yang ditunjuk oleh pointer Bantu. Selanjutnya, simpul yng ditunjuk oleh pointer Bantu kita dispose.

7. Menghapus simpul ditengah atau terakhir.
Untuk menghapus simpul yang berada di tengah senarai berantai, pertama kali kita letakan pointer Bantu pada simpul di sebelah kiri simpul yang akan dihapus. Simpul yang akan dihapus kita tunjuk dengan pointer lain. Kemudian, pointer pada simpul yang ditunjuk oleh Bantu kita tunjukan pada simpul yang ditunju oleh pointer pada simpul yang akan dihapus. Selanjutnya simpul yang ditunjuk oleh pointer hapus kita dispose.

8. Senarai berantai berkepala
Suatu saat kita perlu meletakan sebuah simpul sebagai simpul pertama dari sebuah senarai berantai untuk maksud-maksud tertentu. Simpul ini tidak berisi informasi seperti halnya simpul-simpul lain dalam senarai berantai, tapi keberadaannya sangat diperlukanuntuk lebih mempercepat proses eksekusi. Simpul yang demikian disebut dengan simpul kepala (Header Lode) sehingga senarai berantai disebut senarai berantai berkepala (Headed Linked-List)

9. Senarai berantai sebagai tumpukan.
Operasi penambahan simpul baru diawal suatu senarai berantai, sehingga simpul baru adalah sebagai simpul pertama (harap dibedakan antara simpul kepala dan simpul pertama), serupa dengan operasi mempush (memasukan elemen kedalam suatu tumpukan. Dalam kedua kasus ini, elemen baru yang ditambahkan adalah satu-satunya elemen dalam kumpulan elemen yang bisa segera dimasuk. Tumpukan hanya bisa dimasuk lewat elemen pertama yang menempati posisi teratas dalam tumpukan, dan senarai berantai hanya bisa dimasuk lewat pointer yang menuju ke elemen pertama. Demikian juga halnya dengan operasi POP (menghapus elemen dari suatu tumpukan). Dalam kedua kasus ini hanya elemen pertama yang bisa dimasuk (dihapus), dan elemen berikutnya menjasi elemen baru yang bisa segera dimasuk setelah elemen sebelumnya di POP.
Dengan demikian kita bisa menyejikan tumpukan dengan cara lain, yaitu dengan senarai berantai linear. Elemen pertama dalam senarai berantai diperlakukan sebagai elemen teratas dari tumpukan. Dengan mengacu pada prosedur PUSH dan POP kita bisa menyusun prosedur PUSH dan POP yang baru dengan mengingat bahwa kita ingin menyajikan tumpukan menggunakan senarai berantai.

10. Single linked list
Apabila setiap kali anda ingin menambahkan data selalu dengan menggunakan variabel pointer yang baru, anda akan membutuhkan banyak sekali variabel pointer (penunjuk). Jika anda hanya menggunakan satu variabel pointer saja untuk menyimpan banyak data dengan metoda yang kita sebut linked list. Jika diterjemahkan, maka berarti suatu daftar isi yang saling berhubungan.

Dalam pembuatan single linked list dapat menggunakan dua metoda:
a. LIFO (Last In First Out) aplikasinya : Stack (Tumpukan)
Adalah suatu metoda pembuatan linked list dimana data yang masuk paling akhir adalah data yang keluar paling awal.
b. FIFO (First In First Out) aplikasinya : Queue (Antrian)
Adala suatu metoda pembuatan linked list dimana data yang masuk paling awal adalah data yang keluar paling awal juga.

C. QUEUE (ANTRIAN)
Antrian adalah suatu kumpulan data yang mana penambahan elemenhanya bisa dilakukan pada suatu ujung (disebut dengan sisi belakang/ real), dan penghapusan (pengambilan elemen) dilakukan lewat ujung lain (disebut dengan sisi depan/ front). Seperti yang kita ketahui, tumpukan menggunakan prinsip masuk tekhir keluar pertama atau LIFO (Last In First Out), maka pada antrian prinsip yang digunakan adalah masuk pertama keluar pertama atau FIFO (First In First Out). Dengan kata lain, urutan keluaran elemen akan sama dengan urutan masuknya.
Queue jika diartikan secaara harafiah berarti antrian. Queue merupakan salah satu contoh aplikasi dari pembuatan double linked-list yang cukup sering kita temuai dalam kehidupan sehari-haAntrian sebenarnya juga merupakan satu kumpulan data, tipe data yang sesuai untuk menyajikan antrian adalah menggunakan larik dan senarai berantai. untuk menyajikan antrian menggunakan larik, maka kita membutuhkan deklarasi antrian, misalnya sebagai berikut :
Const Max_Elemen = 100;
Type Antri = array [1.. Max_Elemen] of integer;
Var Antrian : Antri;
Depan,
Belakang : integer;
Dalam deklarasi di atas, elemen antrian dinyatakan dalam type integer. Perubahan depan menunjukan posisi elemenpertama dalam larik; perubahan belakang menunjukan posisi elemen terakhir dalam larik.